Tuesday, June 8, 2010

Seputar Green Infrastruktur

Infrastruktur Hijau (Green Infrastructure)
Menurut istilah bidang pekerjaan umum, Infrastruktur hijau merupakan suatu terminologi yang digunakan untuk:
Merubah cara pandang bahwa ruang terbuka hijau adalah komponen yang sama atau lebih jauh lebih penting bagi pengembangan kota atau wilayah,sebagaimana infrastruktur terbangun lainnya seperti infrastruktur jalan saluran air limbah,jaringan air minum,listrikb dsb.

Infrastruktur hijau merupakan kerangka ekologis untuk keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi, sebagai sistem kehidupan alami yang berkelanjutan. Infrastruktur hijau merupakan jaringan ruang terbuka hijau (RTH) kota untuk melindungi nilai dan fungsi ekosistem alami yang dapat memberikan dukungan kepada kehidupan manusia.

Salah satu unsur RTH pada kawasan perkotaan adalah taman kota yang banyak ditumbuhi pohon perindang dan bermanfaat menjadi sumber udara bersih untuk mengimbangi pencemaran udara dan suara bising dari mesin pabrik atau kendaran bermotor.
Sebagai taman, lahan terbuka ini memiliki pohon dan tanaman hias yang mempercantik kota.

Taman juga bermanfaat sebagai “muara” atau ruang bersama bagi kegiatan masyarakat dari berbagai kelompok umur dan berbagai kalangan.
Oleh karena itu, mari kita lestarikan pohon-pohon pada taman kota sebagai salah satu unsur green infrastruktur untuk anak cucu kita.

sumber :
http://www.csoforum.net
http://pustaka.pu.go.id
http://www.beritajogja.com

No comments:

Post a Comment